2011 = Tahun Terpanas!

Wah, wah, ternyata tahun 2011 adalah tahun terpanas. Nah, pernyataan ini dikutip dari situs Reuters (19/1/2012). Temperatur bumi di tahun kemarin naik sekitar 0, 52 derajat celcius lebih tinggi dari temperatur dasar pada pertengahan abad 20.
bumi

Tahun 2011 suhu bumi terpanas, bagaimana di tahun 2012, yah? Foto: universe.

Hmm, memang, di tahun 2011 kemarin kemarau juga lebih panjang. Enggak heran jika panas suhu bumi juga ikutan bertambah.

Efek pemanasan global lama-lama memang terasa, kan! Bayangkan, jika setiap tahunnya suhu panas bumi terus bertambah, lama-lama penghuni isi bumi bisa terbakar akibat panas.

Tahun 2011 berada di urutan ke-9 daftar tahun terpanas sejak 1880. Sebelas tahun awal pada abad 21 (sejak tahun 2000) lebih panas dari pertengahan dan akhir abad 20. Satu-satunya tahun di abad 20 yang masuk terpanas adalah 1998.

Temperatur yang panas, kata Pak James Hansen dari NASA, terjadi saat La Nina mempengaruhi iklim Bumi dan kegiatan Matahari tergolong rendah.

Menurut Pak James suhu bumi bertambah karena penggunaan efek rumah kaca yang terus bertambah juga. Lalu gas karbon dioksida yang dihasilkan dari asap-asap kendaraan semakin banyak sehingga ikut menyumbang naiknya suhu bumi.

Wah, bagaimana di tahun 2012 ini? Apakah suhu bumi akan meningkat lagi? Ahh, tidaaaak! Tentu saja, Nesi berharap suhu bumi bisa menurun dan pemanasan global bisa dikurangi. Iya, enggak, teman-teman? (Annisa/Kidnesia/Kompas/Reuters)

Sumber : http://www.kidnesia.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s